Pengertian Blog, Fungsi dan Kegunaannya

pengertian, definisi, blog, kegunaan, macam, fungsi

Pada zaman sekarang ini teknologi informasi berkembang begitu pesat. Dalam hal ini, tentu saja kata blog tidak lagi asing terdengar di telinga kita. Jangan sampai kita sering mendengar kata blog namun kita tidak mengetahui definisi dari blog itu sendiri. Untuk itu, kali ini saya akan coba berbagi tentang pengertian dari blog. Menurut bahasa blog itu terdiri dari dua kata yaitu web yang artinya online dan log yang artinya catatan.

Jadi definisi dari blog itu adalah bentuk aplikasi web yang berisi tulisan, catatan, artikel atau informasi yang bisa diupdate secara teratur dan dapat diakses secara online, baik untuk pribadi maupun umum. Dengan kata lain, blog itu bisa dikatakan sebagai media untuk mempublikasikan tulisan-tulisan kita di dunia maya.

Media blog pertama kali dipopulerkan oleh blogger.com, yang dimiliki oleh PyraLab kemudian pada akhir tahun 2002 yang lalu, PyraLab diakuisisi oleh google.com. Semenjak itu, banyak terdapat aplikasi-aplikasi yang bersifat sumber terbuka yang diperuntukkan kepada perkembangan para penulis blog tersebut.

Blog adalah suatu media yang sangat mudah dikelola. Selain karena fiturnya yang nyaman dimata pengguna, blog juga tidak memerlukan biaya alias gratis, kecuali untuk blog yang menyewa sebuah hosting dan domain, itu pun biayanya tergolong murah.

Fungsi dan Kegunaan dari sebuah blog

Pada dasarnya ada banyak sekali manfaat yang didapat dari blog, tidak sedikit orang yang sukses dari menulis blog. Pernahkah Anda mendengar nama Raditya Dika, salah satu penulis buku best seller di Indonesia ? Beliau memulai kesuksesannya dari menulis blog.

Selain itu, banyak sekali orang yang memanfaatkan blog untuk berjualan secara online, alasannya karena blog itu tidak terikat oleh waktu dan tempat. Dengan begitu, tentu saja akan memudahkan pebisnis dalam melakukan pemasaran

Tidak hanya itu, dengan adanya blog orang juga tidak butuh modal yang besar untuk berbisnis. tidak seperti berbisnis di dunia nyata yang mengharuskan pebisnis mengeluarkan uang untuk sewa toko. jadi ada banyak sekali manfaat dan kegunaan dari sebuah blog.

Untuk lebih jelasnya, saya akan coba jabarkan fungsi dan kegunaan dari sebuah blog, antara lain yaitu sebagai berikut :

  1. Blog dapat dijadikan alat untuk meningkatkan pencitraan diri kita, sehingga hal itu bisa membuka banyak kesempatan bagi kita dalam mengejar kesuksesan
  2. Blog sangat berguna dalam melatih kreatifitas yang dimiliki seseorang
  3. Blog dapat dijadikan sebagai penunjang bisnis kita, jika kita memiliki sebuah perusahaan ataupun usaha bisnis
  4. Blog bisa dijadikan wadah untuk kita beramal dalam hidup ini, salah satu amalan yang tidak akan pernah putus meskipun meninggal dunia adalah ilmu yang bermanfaat
  5. Blog bisa dijadikan wadah dalam menyampaikan aspirasi
  6. Blog bisa dijadikan media untuk mengajak orang ke arah yang lebih baik
  7. Blog dapat meningkatkan popularitas seseorang
  8. Blog dapat dijadikan media dalam menyalurkan hobi
  9. Blog bisa dijadikan sumber pendapatan

Macam-Macam Blog

Secara garis besar blog itu terbagi menjadi 2 bagian, yaitu blog gratis dan blog berbayar. yang termasuk kedalam blog gratis antara lain yaitu, blogger, wordpress dan yang termasuk blog berbayar biasanya blog wordpress yang dibuat dengan menggunakan hosting dan domain.

Berdasarkan kegunaannya, blog itu memiliki banyak macam diantaranya yaitu :

  • Blog politik : Blog ini berisi tentang berita, politik, aktivis, dan semua persoalan berbasis blog
  • Blog pribadi : Disebut juga buku harian online yang berisikan tentang pengalaman keseharian seseorang, keluhan, puisi atau syair, gagasan, dan perbincangan teman.
  • Blog bertopik : Blog yang membahas tentang sesuatu, dan fokus pada bahasan tertentu.
  • Blog kesehatan: Lebih spesifik tentang kesehatan. Blog kesehatan kebanyakan berisi tentang keluhan pasien, berita kesehatan terbaru, keterangan-ketarangan tentang kesehatan, dll.
  • Blog sastra : Lebih dikenal sebagai litblog (Literary blog).
  • Blog perjalanan : Fokus pada bahasan cerita perjalanan yang menceritakan keterangan-keterangan tentang perjalanan/traveling.
  • Blog mode : Lebih dikenal dengan “fashion blog”. Isinya seputar gaya, perkembangan mode, selera fashion, liputan pameran mode, dan lain-lain.
  • Blog riset : Blog yang berisi tentang persoalan tentang akademis seperti berita riset terbaru.
  • Blog hukum : Persoalan tentang hukum atau urusan hukum; disebut juga dengan blawgs (Blog Laws).
  • Blog media : Blog yang berfokus pada bahasan berbagai macam informasi
  • Blog agama : Membahas tentang agama
  • Blog pendidikan : Biasanya ditulis oleh pelajar, guru, atau dosen
  • Blog kebersamaan : Topik lebih spesifik ditulis oleh kelompok tertentu.
  • Blog petunjuk (directory) : Berisi ratusan link halaman website.
  • Blog bisnis : Digunakan oleh pegawai atau wirausahawan untuk kegiatan promosi bisnis mereka
  • Blog pengejawantahan : Fokus tentang objek di luar manusia; seperti anjing
  • Blog pengganggu (spam) : Digunakan untuk promosi bisnis affiliate atau biasa dikenal sebagai splogs (Spam Blog)
  • Blog virus (virus) : Blog yang digunakan untuk merusak

Budaya Ngeblog

Aktifitas menulis blog dalam bahasa indonesia biasa dikenal dengan istilah ngeblog. Untuk mengetahui eksistensi dari pemilik blog maka aktifitas ngeblog harus dilakukan hampir setiap waktu. selain itu, hal ini juga berguna untuk mengetahui sejauh mana blog dirawat (mengganti template) atau menambah artikel.

Sekarang ada lebih 10 juta blog yang bisa ditemukan di internet, dan masih bisa berkembang lagi. Karena, saat ini ada banyak sekali perangkat lunak, peralatan, dan aplikasi internet lain yang mempermudah para blogger (sebutan pemilik blog) untuk merawat blognya.

Selain merawat dan terus melakukan pembaharuan di blognya, para blogger yang tergolong baru pun masih sering melakukan blogwalking, yaitu aktivitas para blogger meninggalkan tautan di blog atau situs orang lain seraya memberikan komentar.

Beberapa blogger kini bahkan telah menjadikan blognya sebagai sumber pemasukan utama melalui program periklanan (misalnya Adsense, posting berbayar, penjualan tautan, atau afiliasi). Sehingga kemudian muncullah istilah blogger profesional, atau problogger, yaitu orang yang menggantungkan hidupnya hanya dari aktivitas ngeblog, karena banyak saluran pendapatan dana, baik berupa dolar maupun rupiah, dari aktivitas ngeblog.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>