Cara Membuat Blog Menjadi Sukses

cara, membuat, blog, suksesPada dasarnya ada banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan apabila blog kita sudah sukses. Jika blog kita sudah sukses maka kita bisa dengan mudah mendapatkan penghasilan dari blog tersebut, baik itu dari komisi iklan, penjualan produk fisik, penyediaan jasa dan lain-lain.

Sebuah blog dikatakan sukses apabila posisi blog tersebut peringkat satu di mesin pencari dan ramai dikunjungi oleh orang-orang. pada kesempatan ini saya akan menjelaskan beberapa cara yang perlu kita lakukan agar blog kita menjadi blog yang sukses, diantaranya yaitu sebagai berikut :

1. Tema Blog Harus Spesifik

Langkah awal untuk menjadi blogger yang sukses adalah menentukan tema yang spesifik untuk blog Anda, hal ini bertujuan agar pengunjung Anda fokus dalam membaca postingan blog Anda.

Namun, jika tema blog Anda tidak spesifik, bobot artikel anda menjadi berkurang, alasannya karena konsentrasi pengunjung Anda telah beralih ke artikel yang beda topik di blog Anda.

Sebagai contoh seperti ini, misalkan blog Anda membahas tentang tutorial komputer, lalu di dalam blog tersebut juga ada artikel motivasi, jika terjadi seperti ini maka pengunjung blog Anda menjadi tidak fokus melihat postingan blog anda yang bermacam-macam.

Untuk itu, tema blog Anda haruslah spesifik, pilih satu niche dan fokus disana. Jika tema blog Anda adalah tutorial komputer, maka anda perlu konsisten membuat artikel yang berhubungan dengan tutorial komputer.

Seandainya Anda ingin juga membuat artikel yang temanya motivasi, Anda tinggal buat blog baru dengan tema motivasi. Namun, alangkah bagusnya jika Anda fokus terhadap satu blog terlebih dahulu, seandainya blog tersebut sudah sukses, barulah Anda membuat blog yang baru.

Jika tema blog Anda spesifik dan Anda fokus dalam mengelolanya maka blog Anda akan mendapatkan branding yang lebih tahan lama. Kekuatan branding ini yang akan membuat blog Anda mempunyai otoritas dan integritas. Keduanya akan membentuk kepercayaan bagi pengunjung blog Anda. Dalam hal ini, pengunjung blog Anda akan menganggap Anda sebagai orang yang pakar dalam suatu bidang tertentu.

2. Tulis Konten yang Berkualitas secara Konsisten

Faktor utama yang membuat blog itu menjadi sukses adalah konten yang berkualitas, seperti apakah konten yang berkualitas itu ? Jadi konten yang berkualitas itu adalah konten yang panjang dan berbobot. Perlu Anda ketahui, konten yang panjang dapat meningkatkan peringkat blog kita di mesin pencari terutama google. Jadi algoritma google itu sangat memprioritaskan konten yang panjang.

Namun perlu Anda ketahui juga bahwa konten yang panjang saja tidak cukup. Selain panjang, konten itu haruslah berbobot. Jika konten sebuah blog itu panjang dan berbobot maka pengunjung akan suka berlangganan di blog kita.

Adakalanya seorang blogger hanya berfokus kepada peringkat blog di mesin pencari, sehingga dia membuat postingan yang panjang tanpa memikirkan bobot dari konten tersebut. Akibatnya, pengunjung tidak betah pada blog dia. Meskipun posisi blog dia peringkat satu di google, namun pengunjung tidak tertarik untuk berlangganan di blog dia. Jadi, konten yang panjang dan berbobot itu sangat berperan penting terhadap blog.

Selain itu, cobalah untuk konsisten dalam membuat postingan yang panjang dan berbobot, karena hal ini akan sangat berpengaruh sekali terhadap kesuksesan blog. di dunia ini tidak ada bisnis yang sukses tanpa adanya konsistensi, begitu juga ngeblog.

Terkadang seorang blogger hanya semangat di awal saja untuk membuat konten yang panjang dan berbobot, akibatnya blog yang dia kelola tidak ada peningkatan. Untuk itu, mulai sekarang cobalah untuk konsisten dalam membuat postingan blog.

3. Pemasaran

Pemasaran juga berperan penting terhadap kesuksesan blog. Meskipun sebuah blog memiliki konten yang berkualitas, namun tidak dilakukan pemasaran terhadap blog itu, maka blog itu akan lambat perkembangannya. Untuk itu, pada kesempatan kali ini, saya akan coba jelaskan bagaimana cara melakukan pemasaran yang sangat ampuh terhadap blog kita

Pada dasarnya pemasaran blog itu bisa kita bagi menjadi dua bagian yaitu pemasaran secara free (gratis) dan pemasaran yang berbayar. Adapun pemasaran yang tergolong secara free dan berbayar yaitu sebagai berikut :

  • Gratis: SEO, Media sosial (FB, Twitter, G+, Instagram), forum aktif
  • Berbayar: FB ads, Twitter ads, email list, memasang feed/links di blog2 terkenal dan punya visitor loyal

Kedua pemasaran tersebut memiliki peranan yang sangat besar terhadap peningkatan jumlah pengunjung. Jika Anda tidak memiliki uang, Anda bisa melakukan pemasaran secara free terlebih dahulu. Namun, alangkah bagusnya anda melakukan kedua pemasaran tersebut jika Anda memiliki uang. peningkatannya akan jauh lebih cepat.

Kemudian, kalau Anda kekurangan waktu untuk melakukan kedua pemasaran tersebut, Anda bisa membentuk tim pemasaran atau menggunakan jasa pemasaran. Sekarang ini banyak sekali orang yang menyediakan jasa pemasaran blog. Hal ini akan sangat memudahkan Anda dalam memasarkan blog.

4. Buatlah Tampilan Blog yang Nyaman bagi Pengunjung

Tampilan blog juga memiliki peranan terhadap kesuksesan blog, karena tampilan blog dapat membuat pengunjung betah berlama-lama mengunjungi blog kita. Untuk itu, sangat penting sekali bagi seorang blogger untuk memperhatikan tampilan blog yang dia kelola

Jadi, supaya pengunjung nyaman dengan tampilan blog kita, maka kita perlu memilih template yang sederhana namun menarik. cobalah untuk memilih warna dan jenis font yang standar. untuk postingan gunakanlah warna putih untuk backgroundnya.

Kemudian hindari juga penggunaan animasi gif, flash dan lain-lain. karena hal ini dapat membuat pengunjung tidak betah di blog kita, selain itu penggunaan animasi juga dapat mempengaruhi kecepatan loading kita. pada dasarnya blog yang memiliki banyak animasi membutuhkan waktu yang lama ketika diakses.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>