Cara Membuat Blog Anda Menjadi Blog yang Ramai Dikunjungi

cara, membuat, blog, ramai, pengunjung, meningkatkan, penghasilanSeperti yang kita tahu bahwa jumlah pengunjung blog sangat menentukan kesuksesan sebuah blog, semakin ramai pengunjung suatu blog, maka blog tersebut akan semakin sukses. Jika sebuah blog toko online dikunjungi banyak orang maka penjualan produk dari blog tersebut akan meningkat.

Jika sebuah blog yang penghasilannya didapat dari iklan memiliki ramai pengunjung maka jumlah orang yang mengklik iklan tersebut akan semakin meningkat. hal ini tentu saja dapat meningkatkan penghasilan dari pemilik blog tersebut.

Kemudian, Jika blog yang menyediakan jasa dikunjungi banyak orang maka jumlah orang yang menggunakan jasa yang ditawarkan blog tersebut akan semakin meningkat. begitu juga dengan blog bisnis lainnya, jadi dapat kita simpulkan bahwa peningkatan penghasilan dari sebuah blog itu seiring dengan peningkatan jumlah pengunjung.

Selain meningkatkan penghasilan, popularitas seorang blogger juga bisa meningkat dengan drastis jika blog yang dia kelola memiliki ramai pengunjung, Jika kita perhatikan sekarang ini banyak sekali orang yang tiba-tiba terkenal karena aktif menulis di blog.

Saya jelaskan secara panjang lebar seperti ini, supaya kita lebih termotivasi untuk membuat blog kita menjadi blog yang ramai dikunjungi. Mustahil sebuah blog itu sukses jika blog tersebut tidak dikunjungi banyak orang. Untuk itu, pada kesempatan kali ini saya akan jelaskan hal-hal yang perlu kita lakukan untuk meningkatkan jumlah pengunjung blog kita, diantaranya yaitu sebagai berikut :

1. Membuat Postingan yang Berkualitas

Postingan yang berkualitas adalah faktor utama yang mempengaruhi suatu blog dikunjungi banyak orang. Jika konten sebuah blog itu berkualitas maka pengunjung blog akan berlangganan di blog kita, mereka akan selalu membuka blog anda untuk mengecek apakah ada postingan baru di blog anda.

Untuk itu, cobalah buat postingan yang berkualitas. Untuk membuat postingan yang berkualitas, kuncinya cukup sederhana, yaitu buatlah postingan yang unik dan menarik. Anda juga perlu memperhatikan penyajian informasi dalam postingan Anda, usahakan menyajikannya secara singkat, padat dan jelas.

Kesalahan yang sering dilakukan oleh blogger yaitu kurang jelas dalam menyajikan informasi pada postingan, biasanya blogger itu malas menjelaskan secara detail pada postingan blog. perlu Anda ingat, pengunjung blog itu bermacam-macam, ada yang gaptek, ada yang cerdas, ada yang masih awam terhadap suatu bidang ilmu.

Untuk itu, usahakan artikel Anda itu bisa bermanfaat bagi semua kalangan. pada saat Anda membuat postingan, jangan posisikan Anda yang membaca postingan tersebut, Anda harus bisa memposisikan diri Anda sebagai pengunjung blog yang berasal dari berbagai kalangan

Kemudian ada juga blogger yang membuat postingan yang panjang, namun isinya kurang bermakna. Akibatnya, pengunjung blog merasa postingan Anda tidak bermanfaat bagi dirinya. Hal ini bisa saja disebabkan karena blogger kehabisan ide untuk membuat postingan.

Cara mengatasi hal tersebut bisa dilakukan dengan banyak membaca, baik itu membaca buku, berita, obrolan di forum online dan lain-lain. Jika Anda sudah rajin membaca, maka ide-ide untuk menulis artikel akan bermunculan di fikiran Anda.

2. Meningkatkan Posisi Blog di Google

Meskipun sebuah blog memiliki konten yang berkualitas, namun jika posisi blog tersebut tidak berada pada halaman pertama google maka blog tersebut juga akan kurang maksimal hasilnya. untuk meningkatkan posisi blog Anda di mesin pencari google anda bisa melakukan dengan Search Engine Optimization (SEO).

Jika kita bagi teknik SEO ini maka kita bisa membaginya menjadi dua bagian yaitu SEO Onpage dan SEO Offpage, untuk SEO Onpage kita mengoptimasi blog dari dalam, artinya kita melakukannya dalam halaman website kita, cara yang dilakukan seperti menggunakan Meta untuk postingan kita, Meta yang digunakan biasanya Meta Title, Meta Description dan Meta Keyword.

Untuk SEO Offpage kita mengoptimasi blog kita dari luar, yaitu dengan cara menyebarkan backlink ke website lain, hal tersebut bisa dilakukan dengan berkomentar di blog orang lain, memasukkan link blog kita ke social bookmark, menyisipkan link website kita pada blog dummy yang kita buat sendiri.

3. Mengggunakan Autoresponder

Salah satu alasan yang membuat pengunjung itu tidak berlangganan di blog kita adalah lupa dengan nama blog kita, awalnya mereka menemukan blog kita ketika mereka browsing di google, keesokan harinya ketika mereka browsing lagi, mereka tidak teringat dengan blog kita. Selain itu, mereka juga tidak tahu apakah di blog kita sudah ada artikel yang baru.

Meskipun ada juga pengunjung yang melakukan bookmark terhadap blog kita, namun kemungkinannya sangat tipis sekali. Biasanya pengunjung yang melakukan bookmark itu adalah pengunjung yang benar-benar tertarik dengan blog kita, dan selebihnya banyak yang lupa dengan blog kita. Untuk mengatasi hal tersebut, kita memerlukan autoresponder

Jadi Autoresponder itu merupakan media yang bisa kita gunakan untuk mengajak pengunjung berlangganan di blog kita, cara kerja autoresponder itu seperti ini, pertama blog meletakkan kotak autoresponder pada blog, bisa pada sidebar ataupun muncul secara otomatis ketika blog kita dibuka.

Kotak autoresponder tersebut berupa form, nantinya pengunjung yang berminat untuk berlangganan di blog akan mengisi nama dan email pada kotak autoresponder tersebut.

Jika pengunjung sudah mendaftarkan dirinya pada kotak autoresponder maka nantinya setiap hari pengunjung akan menerima email secara otomatis, email tersebut berisi tentang artikel terbaru kita dan promosi produk kita. Dengan begitu, tentu saja pengunjung akan sering mengakses halaman blog kita. Jadi, kotak autoresponder ini berfungsi sebagai pengingat bagi pengunjung untuk rutin mengakses blog kita setiap hari.

4. Aktif di Media Sosial

Media sosial juga sangat berperan besar terhadap peningkatan jumlah pengunjung blog, sekarang ini banyak sekali media sosial yang bisa kita gunakan untuk promosi blog kita seperti Facebook, Twitter, Instagram dan lain-lain. Sekarang ini media sosial yang paling terkenal itu adalah facebook. perlu Anda ketahui Indonesia adalah salah satu negara pengguna facebook terbesar.

Untuk itu, cobalah rutin mempromosikan blog anda di media sosial, terutama di facebook, adapun cara yang bisa anda lakukan yaitu dengan menyebarkan link-link artikel blog Anda di media sosial. Untuk Facebook akan lebih bagus hasilnya jika Anda membuat Fanspage, setelah Fanspage anda jadi, promosikan blog Anda di Fanspage tersebut.

5. Aktif di Forum Online

Pada dasarnya ada banyak sekali Forum Online yang dapat membantu kita dalam mempromosikan blog kita, seperti kaskus, forum ads blog, dan lain-lain. Cara mempromosikan blog pada forum online bisa dilakukan dengan membagikan link blog kita di forum tersebut, atau bisa juga membagikan link pada kotak komentar, nantinya orang yang tergabung dalam forum online tersebut akan membuka blog kita.

 6. Mengevaluasi Kecepatan Blog

Kecepatan blog juga mempengaruhi jumlah pengunjung blog kita, jika blog kita lambat maka pengunjung akan malas membuka blog kita. Untuk itu, kita perlu mengevaluasi kecepatan blog kita. pada dasarnya ada banyak sekali yang mempengaruhi kecepatan blog, diantaranya yaitu bandwith, template, dan fitur-fitur yang ada pada blog kita.

Jika kita ingin Blog kita bisa dibuka dengan cepat maka kita perlu menggunakan bandwith yang besar. untuk blog berbayar kita bisa membeli hosting yang bandwithnya besar.

Namun untuk blog gratisan sudah ada standarnya, Kemudian, gunakan juga template yang ringan. sebelum anda memilih template blog, sebaiknya uji terlebih dahulu apakah template tersebut ringan ketika dibuka.

Selain itu, coba hindari penggunaan animasi pada blog kita. Jika sebuah blog memiliki banyak animasi maka blog kita akan lambat ketika dibuka.

7. Membuat Tampilan Blog yang Sederhana dan Menarik

Tampilan blog juga sangat mempengaruhi jumlah pengunjung blog kita. Tampilan blog yang disukai pengunjung adalah tampilan sederhana namun menarik. Untuk itu, pilihlah template blog yang gak ribet namun keren. usahakan memilih warna yang pas.

Untuk warna background postingan, coba pilih warna putih. Karena, secara psikologi warna putih itu warna netral. Putih itu sifatnya memancarkan kesucian dan ketenangan, pada kenyataannya tidak ada orang yang tidak suka dengan warna putih. Kemudian, untuk warna tulisan pada postingan coba pilih warna hitam.

Untuk warna header, sidebar dan footer, anda bisa berkreasi sendiri, yang penting warnanya serasi dan konsisten. Sebagai contoh, ketika pengunjung mengklik readmore pada blog Anda, warnanya tidak berubah atau tetap seperti semula.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>